Walau sudah lanjut usia semangat kartini masih didalam dada

  • Apr 23, 2018
  • morisjaya

morisjaya.desa.id (23-04-2017) – Nenek Sanimah itu namanya. Beliau adalah salah satu warga lansia kampung Moris Jaya. Walaupun sudah lanjut usia, belau tidak mau menyerah dengan keadaanya. Nenek Sanimah masih beraktivitas seperti warga pada umumnya. Walaupun usianya sudah senja, nenek Sanimah adalah sosok perempuan tangguh dan pekerja keras.

Nenek Sanimah tinggal bersama dengan puteranya, yaitu bapak Misidi dan istrinya. Tinggal bersama anak yang berprofesi sebagai buruh tani, dengan pengahsilan yang serba pas-pasan, nenek Sanimah tidak mau terlalu menyusahkan puteranya. Setiap hari nenek Sanimah tetap aktif membantu kegiatan yang ada dikeluarga, seperti mengolah makanan, mencuci pakaian dan lain sebagainya.

[caption id="attachment_724" align="aligncenter" width="300"]

Nenek Sanimah sedang mengikuti gerakan senam BMW (dok desa/foto FR)

[/caption]

Dalam menjaga kesehatanya, Nenek sanimah selalu aktif dalam kegiatan-kegiatan kampung yang berhubungan dengan peningkatan kesehatan Lansia. Nenek Sanimah selalu aktif hadir dalam kegitan posbindu lansia. Posbindu Lansia adalah program kesehatan yang mempunyai tujuan menjaga kesehatan dan penanganan lebih lanjut terhadap penyakit yang sering diderita oleh para warga lansia.

[caption id="attachment_725" align="aligncenter" width="300"]

Nenek Sanimah saat mengikuti kegiatan senam lansia (dok desa/foto Titin)

[/caption]

Selain aktif dalam posbindu lansia, Nenek Sanimah juga aktif dalam kegiatan senam lansia yang diadakan oleh pemerintah kampung Moris Jaya. Kegiatan senam lansia di kampung Moris Jaya, diadakan seminggu 2 kali dibawah asuhan kader posbindu lansia. Semangat Nenek Sanimah memang patut menjadi contoh bagi semua warga lansia.

Pada peringatan hari kartini yang diadakan oleh kampung Moris Jaya, nenek Sanimah menjadi peserta paling tua dalam perlombaan senam BMW. Nenek Sanimah menjadi salah satu peserta, yang merupakan kelompok senam BMW perwakilan dari dusun 7. Walaupun gerakan senam yang diperagakan oleh nenek Sanimah terkadang tidak pas dengan aturan gerakan senam BMW, namun beliau tetap bersemangat hingga akhir pertunjukan.

[caption id="attachment_726" align="aligncenter" width="300"]

Foto bareng kelompok senam lansia, kakam dan Babinkantibmas (dok desa/foto Titin)

[/caption]

Demikian sekelumit cerita fakta tentang nenek Sanimah, semoga bisa menjadi penyemangat buat kita semua. Sosok nenek yang sudah lanjut usia, namun tetap bersemangat dalam menjalani kehidupan. Kita generasi muda Indonesia, seharusnya merasa malu bila kita hanya bisa berdiam diri dan berpangku tangan. (red MJ/FR)