Peringatan hari kartini kampung moris jaya

  • Apr 23, 2018
  • morisjaya

morisjaya.desa.id (23-04-2018) – Sabtu tanggal 21 April 2018 kampung Moris Jaya memperingati hari Kartini. R.A Kartini adalah tokoh emansipasi wanita, tokoh yang memperjuangkan kesetaraan gener antara kaum pria dan wanita. R.A Kartini lah yang memperjuangkan kaum wanita Indonesia untuk bisa mendapatkan hak nya, setara dengan hak yang dimiliki oleh kaum peria.

Untuk mengenang jasa-jasa yang telah diperjuangkan oleh R.A Kartini, Ibu-Ibu kampung moris jaya yang dipelopori oleh kader PKK dan didukung dari semua pihak menggelar peringatan hari Kartini. Peringatan tersebut dimeriahkan dengan menggelar perlombaan senam BMW, senam yang didalamnya memuat kearifan lokal, senam yang diciptakan oleh bupati Tulang Bawang Hj Winarti, SE.,MH.

[caption id="attachment_712" align="aligncenter" width="300"]

Peserta senam BMW perwakilan dusun VII. (dok desa/foto FR)

[/caption]

Susunan acara peringatan hari Kartini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan lagu Ibu kita Kartini, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Acara sambutan tersebut terdiri dari, sambutan ketua panitia, sambutan dari kepala kampung dan dilanjutkan sambutan dari babinkantibmas kampung Moris Jaya. Setelah acara sambutan-sambutan dilanjutkan pada acara inti yaitu lomba senam BMW.

[caption id="attachment_716" align="aligncenter" width="300"]

Babinkantibmas, ket. LPMK, dan aparatur ikut serta dalam senam BMW (dok desa/foto FR)

[/caption]

Peserta lomba senam BMW terdiri dari 2 katagori, katagori 1 kelompok perwakilan dari masyarakat dusun, katagori kedua terdiri dari kelompok senam PKK yang terhimpun dalam senam Aeribik Moris Jaya. Untuk katagori perwakilan dari masyarakat dusun terdiri dari 5 kelompok dan dalam 1 kelompok terdiri dari 12 orang peserta. Untuk katagori kelompok senam PKK terdiri dari 4 kelompok, dalam satu kelompok terdiri dari 5 sampai dengan 7 orang peserta.

[caption id="attachment_713" align="aligncenter" width="300"]

Peserta senam BMW perwakilan dari kelompok Aerobic (dok desa/foto FR)

[/caption]

Acara perlombaan senam BMW berlangsung sangat meriah, diringi antusisme dari seluruh peserta lomba untuk menampilkan, penampilan terbaiknya. Ikut serta masyarakat kampung Moris Jaya dalam memeriahkan peringatan hari Kartini, terbukti dari antusiasme warga untuk menghadiri acara tersebut. Warga masyarakat tua, muda anak-anak, lak-laki, perempuan tumpah-ruah memadati halaman balai kampung Moris Jaya.

[caption id="attachment_714" align="aligncenter" width="300"]

Pemenang lomba senam BMW juara 1, 2, & 3 (dok desa/foto Pasek)

[/caption]

Selain perlombaan senam BMW, PAUD Dharma Wanita Melati Moris Jaya tak mau ketinggalan dalam memeriahkan hari Kartini. Melalui kerja sama dari pengurus PAUD Dharma Wanita Melati dan salah satu donatur bapak I. Made Kantun, mengadakan kegiatan perlombaan mewarnai untuk peserta didik dari PAUD Dharma Wanita Melati. Dengan tema mewarnai poster R.A Kartini diharapkan mampu mengenalkan salah satu sosok Pahlawan emansipasi wanita kepada generasi penerus bangsa.

[caption id="attachment_715" align="aligncenter" width="300"]

Penyerahan hadiah lomba mewarnai PAUD oleh Kakam (dok desa/foto Pasek)

[/caption]

Keberhasilan dalam peyelenggaraan peringatan hari Kartini, tak luput dari kerjasama dan kekompakan dari seluruh unsur masyarakat kampung Moris Jaya. Apresiasi yang setingi-tinginya patut diberikan kepada seluruh kader PKK, yang telah bekerjasama dalam mensukseskan kegiatan tersebut. Merekalah Kartini-Kartini masa kini, yang telah berjuang bagi kampung Moris Jaya pada kususnya dan Indonesia pada umumnya. (red MJ/FR)