penyerahan dana bantuan bagi penyandang disabilitas, anak yatim/piatu, manula, janda tidak mampu dan rtm

  • Nov 29, 2018
  • morisjaya

morisjaya.desa.id_|Senin 26/11/2018|_Penyerahan dana bantuan sosial kepada masyarakat kampung moris jaya, merupakan program pemerintah kampung tahun anggaran 2018. Program dana bantuan sosial tersebut seiring dengan program bupati tulang bawang tentang, bantuan sosial bagi masyarakat. Pemerintah kampung Moris Jaya pada tahun anggaran 2018 ini menganggarkan dana bantuan sosial dengan jumlah yang tidak begitu besar.

[caption id="attachment_824" align="aligncenter" width="300"]

Penyerhan bantuan kepada warga manula. [dok desa/foto fr]

[/caption]

Walaupun dana tersebut terbilang tidak cukup besar, namun diusahakan mampu menyentuh warga masyarakat yang memang berhak menerimnya. Total warga masyarakat yang mendapatkan dana bantuan tersebut berjumlah 132 orang dengan kriteria sebagai berikut : penyandang disabiitas, anak yatim/piatu, orang tua jompo, janda tidak mampu dan rumah tangga miskin. Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada yang berhak menerimanya, sesuai tercantum dalam uarian sebagai berikut :

1. Kaum disabilitas (cacat fisik) dengan jumlah 18 orang 2. Anak yatim / Piatu dengan jumlah 18 orang 3. Orang tua jompo dengan jumlah 34 orang 4. Janda tidak mampu dengan jumlah 26 orang 5. Rumah tangga miskin / orang miskin tidak mampu dengan jumlah 36 orang[caption id="attachment_825" align="aligncenter" width="300"]

Penyerahan bantuan kepada anak yatim/piatu. [dok desa/foto fr]

[/caption]

Penyaluran dana sosial tersebut lakukan oleh kepala kampung dan disaksikan oleh aparatur kampung kepada warga yang bersangkutan, bertempat di balai kampung moris jaya.

[caption id="attachment_826" align="aligncenter" width="300"]

Penyerahan bantuan kepada rumah tangga miskin. [dok desa/foto fr]

[/caption]

Sumber dana yang digunakan berasal anggaran dana desa (dd), sesuai tertuang dalam anggaran pendapatan dan belanja kampung (apb-kam) tahun 2018. Dana bantuan tersebut terealisasi pada pencairan dana desa tahap ke-tiga. Masyarakat kampung Moris Jaya sangat terbantu dengan adanya bantuan tersebut, terlebih bagi mereka yang memang benar-benar membutuhkan. Masyarakat berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan pada tahun depan, tentunya dengan anggaran yang lebih besar, sehingga mampu menyentuh seluruh masyarakat yang membutuhkan.[*red/fr]