Peningkatan kualitas dan kuantitas bagi IKM

  • Aug 16, 2017
  • morisjaya

Penyerahan bantuan & bimbingan teknis bagi industri kecil menengah

morisjaya.desa.id - ( 16/08/2017 ). Banyak Industri kecil Menengah di Kampung Moris Jaya, salah satunya adalah industri rumahan milik pasangan suami istri yang akrab dipanggil, Lek Men dan Mbak Tinah.Usahanya membuat olahan aneka ragam peyek seperti, peyek kacang tanah, peyek kedelai, peyek tempe dan ada juga peyek dari bahan sayur - sayuran seperti, peyek daun bayam.

Aneka olahan makanan ringan tersebut memiliki rasa khas, Seperti yang di tuturkan oleh Camat Banjar Agung Bapak Sudirman, SH, "peyek buatan mbk Tinah ini renyah dan rasanya gurih, benar - benar pas dilidah", tuturnya. Bila para pembaca penasaran akan kelezatanya, silahkan datang sendiri ketempatnya, yaitu Jalan pojok kampung Moris Jaya RT/RW 05/01.

[caption id="attachment_163" align="aligncenter" width="300"] Dari kanan, Camat Banjar agung, Kabid dan Kasubid dinas koperasi dan UKM Tulang Bawang. ( Dok desa/FotoFathur )[/caption]

Dalam rangka peningkatan kualitas dan kuantitas bagi IKM, kususnya yang bergerak dibidang makanan ringan, dinas koperasi dan UKM kabupaten Tulang Bawang mengadakan bimbingan teknis, sekaligus menyerahkan bantuan peralatan usaha. Bantuan peralatan usaha diberikan kepada, industri kecil menengah yang bergerak dibidang makanan ringan. Penerima bantuan tersebut adalah IKM yang berada di kampung Moris jaya dan sekitarnya.

Perhatian khusus yang diberikan oleh dinas koperasi dan UKM, sangat dibutuhkan oleh IKM yang ada di kampung Moris Jaya dan sekitarnya. Kegiatan bimbingan teknis tersebut dihadiri oleh camat Banjar Agung, Bapak Sudirman, SH. Dalam kesempatan tersebut camat Banjar Agung berkenan memberikan sambutan. Sambutan yang disampaikan adalah tentang pengembangan usaha jangka panjang.

Adapun sebagai narasumber bimbingn teknis adalah Ibu Nirwana Indah dari Dinas UKM dan koperasi Kabupaten Tulang Bawang. Ibu Indah Nirwana menerangkan, bagaimana cara memproduksi makanan ringan yang berkualitas, baik dari rasa, warna, kemasan, dan kebersihan. Hasil dari bimbingan teknis tersebut diharapakan mampu mendongkrak IKM - IKM yang bergerak dibidang makanan ringan.

[caption id="attachment_164" align="aligncenter" width="300"] Penyerahan bantuan peralatan usaha dari Dinas Koperasi dan UKM Tuba, kepada usaha kecil rumahan. (Dok desa/Foto Fathur )[/caption]

Bantuan peralatan tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatakan produksi bagi IKM. Bantuan yang diberikan berupa peralatan produksi dan alat bantu pengemasan, diantaranya Hand sealer, Timbangan duduk, Wajan penggorengan, lebel dan plastik kemasan. Salah satu manfaat dari bantuan tersebut adalah, pengusaha makanan ringan yg biasanya melakukan proses pengemasan menggunakan staplers atau api, kini cukup dengan hand sealer. Proses pengemasan jadi lebih mudah, praktis dan rapi dan kebersihanya lebih terjaga.

Semoga dengan semakin banyaknya dukungan dari pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah, industri kecil menengah akan lebih maju dan berkembang.

( moris jaya/Fathur )