Peningkatan kesehatan masyarakat

  • Jun 17, 2017
  • morisjaya

Pengadaan sarana air bersih untuk masyarakat

morisjaya.desa.id ( 17/07/2017 ). Air bersih menjadi kebutuhan utama bagi setiap manusia, untuk mencukupi kebutuhan air bersih, manusia menggunakan berbagai macam cara. Sumur bor, sumur galian, Sumber mata air, penyulingan air adalah sebagian sarana yang dipergunakan manusia untuk mandapatkan air bersih.

Di Kampung Moris Jaya, air bersih menjadi kebutuhan yang istimewa. Dataran tinggi, menjadi penyebab utama masalah yang dihadapi oleh warga. Sumber mata tidak dapat dijumpai, untuk mendapatkan air bersih, warga mengandalkan keberadaan sumur galian. Di kampung Moris Jaya ada berapa titik, namun tidak dapat diakses oleh masyarakat luas, karena milik pribadi dari sebagian warga sejahtera. Untuk memecahkan masalah tersebut, melalui program Pembangunan kampung. Pengadaan Sarana dan prasarana kesehatan masyarakat membangun satu unit Sumur bor.

[caption id="attachment_79" align="aligncenter" width="300"]

Proses pengeboran pembuatan sumur bor. ( Dok kampung/Foto Fathur )

[/caption]

Sumur bor tersebut dibangun disusun dua, karena merupakan Dusun paling rawan terhadap kekurangan air bersih. Masyarakat menyambut dengan antusias Program tersebut, mereka dengan sukarela ikut serta bergotong - royong dengan penuh semangat. Target pencapaian dari Program tersebut, dibangunnya sumur bor di Dusun II, masyarakat tidak kesulitan lagi dalam mendapatkan air bersih. Dengan tersedia nya air bersih untuk masyarakat, berarti berhasil mensukseskan program peningkatan kesehatan masyarakat.

  ( moris jaya / Fathur )