Kaum perempuan harus kreatif dan produktif

  • Jul 24, 2017
  • morisjaya

Kursus keterampilan menjahit untuk remaja puteri & Ibu-Ibu rumah - tangga

 

morisjaya.desa.id - ( 24/07/2017 ). Kondisi ekonomi masyarakat kampung Mors Jaya saat ini kurang baik, itu disebabkan merosotnya harga jual hasil pertanian. Menyikapi hal tersebut pemerintah kampung berusaha mencarikan solusi dengan mengadakan pelatihan - pelatihan salah satunya adalah, kursus menjahit bagi remaja putri dan Ibu - Ibu rumah tangga usia produktiv, dengan harapan kaum perempuan mampu menciptakan suatu usaha guna membantu perekonomian keluarga.

Masyarakat kampung khususnya kaum perempuan menyambut dengan positif atas gagasan dari pemerintah kampung tersebut. Semua itu terbukti dari minat dan antusias mereka untuk mengikuti program tersebut. Program tersebut dijalankan pemerintah kampung bekerjasama dengan lembaga kursus menjahit dan Mode "WIGATI", yang beralamatkan di Jl. Perintis (Tugu Kuning) Kampung Tri Tunggal Jaya Unit 2 Kec. Banjar Agung.

[caption id="attachment_148" align="aligncenter" width="300"] Peserta kursus menjahit sedan mengikuti materi. ( Dok desa/Foto Fathur )[/caption]

Proses kursus menjahit tersebut diperkirakan selama 3 bulan, dengan materi pemahaman teori dan praktek keterampian menjahit dasar sampai tarapan siap untuk dipekerjakan. Dengan kisaran waktu pelaksanaan mulai bulan Juli sampai dengan September tahun 2017.

Adapun peserta kursus berasal dari masyarakat kampung Moris Jaya yang terdiri dari kaum remaja Putri dan Ibu-Ibu rumahtangga yang keseluruhanya berjumlah 7 orang. Untuk anggaran pembiayaan akomodasi dan praktek kursus menjahit tersebut di angggarkan dari APBK  2017, masuk dalm Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kampung.

[caption id="attachment_150" align="aligncenter" width="300"] Sarana dan Prasarana lembaga kursus WIGATI. ( Dok desa/Foto Fathur )[/caption]

Adapun Sasaran yang Diharapkan dengan diadakanya kursus menjahit tersebut agar mampu menciptakan kaum Perempuan yang Kreatif dan Produktif, Ibu rumah tangga yang berpenghasilan, agar mampu membantu perekonomian keluarga.

( moris jaya/Fathur )