Sejarah Desa/Kampung Moris Jaya

KANTOR KAMPUNG MORIS JAYA

Tri Darma Wirajaya adalah merupakan Desa Pembinaan Proyek Tranmigrasi Tulang  Bawang ( 1 ) Desa unit ( 3 ) tahun 1978 dengan jumlah Kepala Keluarga yang di tempat kan 500 Kepala Keluarga yang terdiri dari 4 RK : RK 1,RK 2,RK 3 dan RK 4.

Pada tahun 1980 Desa Tri Darma Wirajaya yang berada dalam wilayah Kecamatan Perwakilan Banjar Agung dengan Kecamatan Induk Menggala di pecah menjadi dua Desa yaitu : RK 1 , RK 2 dan RK 3 menjadi Desa Induk dengan nama tetap Desa Teri Darma Wirajaya dengan jumlah Kepala Keluarga 325 KK, dan selanjutnya RK 4 dan separuh dari RK 3 menjadi Desa pemecahan dengan nama Desa Moris Jaya dengan jumlah Kepala Keluarga 175 KK.

Nenek Sanimah sedang mengikuti gerakan senam BMW (dok desa/foto FR)

Dari tahun 1980 sampai dengan tahun 1986 Moris Jaya merupakan Desa Pemekaran di dalam wilayah Kecamatan Perwakilan Banjar Agung yang di Pimpin oleh Kepala Desa yang bernama Ucuk Rohenda. Pada Tahun 1996 Desa Moris Jaya menjadi Desa Persiapan yang di Pimpin oleh Kepala Desa yang bernama Anjar WD.

Seiring dengan terbentuknya Kabupaten Tulang Bawang dengan UU Nomor 02 Tahun 1997 tentang Pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Tulang Bawang dan Daerah Tingkat II Tanggamus, Kecamatan Pembantu Banjar Agung menjadi Kecamatan Devinitif Banjar Agung dengan membawahi wilayah sebanyak 17 Desa termasuk didalamnya adalah Desa  Moris Jaya.

Ibu-ibu KWT sedang menanam benih tanaman bayam (dok desa/foto Pny)

Pada tahun 1998 sampai dengan tahun 1999 Kepala Desa Moris Jaya dijabat oleh Pj. Kepala Desa yang bernama Soemarmo. Pada tahun 2000 sampai dengan tahun 2004 Kepala Desa Moris Jaya dijabat oleh Pj. Yang bernama Sodikin. Dengan Surat Keputusan Bupati Tulang Bawang Nomor 06 Tahun 2000 tentang penyebutan Desa, Kepala Desa, dan Badan Perwakilan Desa (BPD) dan Perangkat Desa dalam Kabupaten Tulang Bawang , maka Desa Moris Jaya dirubah sebutanya menjadai Kampung Moris jaya.

Pada tahun 2005 kampung Moris Jaya mengadakan Pemilihan Kepala kampung untuk yang pertama kalinya dan terpilih sebagai Kepala Kampung yang bernama Anjar WD dengan masa bakti tahun 2005 s.d. tahun 2011. Pada tahun 2011 s.d. tahun 2012 Kampung Moris Jaya di Pimpin Pj. Kepala Kampung yang bernama Sarman.

Apartur,BPK,Lembaga & masyarakat kampung menyaksikan acara sertijab [dok desa/foto fr]

Pada tahun 2012 Kampung Moris Jaya mengadakan Pemilihan Kepala Kampung untuk yang kedua kalinya dan yang terpilih sebagai Kepala Kampung yang bernama Bapak Suparno dengan masa bakti tahun 2012 s.d tahun 2018 dalam Kepemimpinan Bapak Suparno jumlah Dusun yang sebelumnya terdiri 5 Dusun di pecah menjadi 7 Dusun untuk memudahkan jalanya Pemerintahan.

“Demikian sekilas sejarah Kampung Moris Jaya.“

KANTOR & BALAI KAMPUNG TEMPO DULU