Rencana kerja pemerintah kampung moris jaya 2019

Camat Banjar Agung, Bpk Sudirman, SH sedang memberikan sambutan (Doc desa/foto Sjn)

Morisjaya.desa.id_(Selasa 17 Oktober 2018). Dalam menyongsong program kerja pemerintah kampung tahun anggaran 2019, jauh hari pemerintah kampung Moris Jaya sudah mempersiapkan diri. Hal itu dibuktikan dengan digelarnya musyawarah kampung tentang rencana kerja pemerintah kampung tahun anggaran 2019. Musyawarah tersebut dilaksanakan pada hari selasa tanggal 16 Oktober tahun 2018, yang bertempat di balai kampung Moris Jaya.

Rencana kerja pemerintah kampung, atau yang sering di singkat dengan RKP-kamp, merupakan program kerja pemerintah kampong selama satu tahun. RKP-kamp merupakan penjabaran dari program kerja pemerintah kampung jangka menengah, yaitu rencana pembangunan jangka menengah kampung (RPJM-Kamp). RPJM-kamp merupakan rencana program kerja pemerintah kampung 6 (enam) tahunan, atau menyesuaikan dengan masa jabatan dari kepala kampung.

Camat Banjar Agung, Bpk Sudirman, SH sedang memberikan sambutan. (Doc desa/foto Sjn)

Musyawarah RKP-kamp, kampung Moris Jaya tahun anggaran 2019 berlangsung cukup antusias. Hal itu terbukti dari tingkat kehadiran peserta musyawarah yang mewakili dari semua unsure masyarakat, diantaranya; tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, lembaga kampung, BPK dan segenap jajaran aparatur kampung. Dalam musyawarah tersebut dihadiri juga oleh camat Banjar Agung, bapak Sudirman, SH beserta kasi dan staf kecamatan Banjar Agung.

Wakil tokoh perempuan sedang menyampaikan usulanya.(Doc desa/foto Sjn)

Pembahasan musyawarah RKP kampung Moris jaya tahun 2019, meliputi dari semua bidang Program kerja pemerintah kampong eslama 1 (satu) tahun. Program kerja pemerintah kampung diantaranya adalah, bidang penyelenggaraan Pemerintah kampong, Pelaksanaan Pembangaunan kampung, Pembinaan kemasyarakatan dan bidang Pemberdayaan masyarakat kampung. Pembahasan bidang-bidang tersebut dilakukan secara langsung dengan seluruh peserta musyawarah, dengan metode mendengarkan penyampaian aspirasi dari masyarakat.

Tokoh masyarakat sedang menyampaikan usulanya.(Doc desa/foto Sjn)

Masyarakat kampong Moris jaya sangat antusias dan partisipativ dalam mengikuti musyawarah, mereka secara bergantian menyampaikan asapirasinya baik mewakili individu maupun lembaga yang dibawahinya. Usulan-usulan sangat beraneka ragam, ada usulan bidang sarana dan prasarana umum, kesehatan, pendidikan, pelatihan, keagamaan dan lain sebagainya. Hasil usulan-usulan tersebut di rekap dan diselaraskan dengan DU RKP yang ada didalam dokumen RPJM-kamp, yang nantinya akan digodok kembali dalam musyawarah lanjutan yang tetap akan melibatkan masyarakat, dan tentunya akan mengacu kepada kebutuhan masyarakat kampung Moris Jaya secara luas, bukan secara individu ataupun golongan. (MJ/FR)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan