Kegiatan posbindu katagori umum dan lansia kampung moris jaya

Petugas kesehatan sedang melayani masyarakat

morisjaya.desa.id – (07 April 2018). Jum’at tanggal 06 April 2018, kampung Moris Jaya mendapatkan jadwal kegiatan Posbindu katagori umum dan lansia, dari Puskesmas Tulang Bawang I (satu). Kerjasama dari petugas kesehatan Puskesmas Tulang Bawang I (satu) dan kader kesehatan (kader Posyandu) kampung Moris Jaya, melaksanakan kegiatan Posbindu katagori umum dan lansia. Posbindu merupakan kepanjangan dari Pos Pembinaan Terpadu.

Perbedaan Posbindu umum dan lansia adalah, kalau Posbindu umum menangani masyarakat usia 15 tahun keatas, sedang Posbindu lansia menangani masyarakat lanjut usia. Warga masyarakat kampung Moris Jaya sangat antusias menyambut program kegiatan Posbindu di kampung Moris Jaya. Antusiasme warga masyarakat, dalam menghadiri kegiatan posbindu dibuktikan dari jumlah warga yang menghadiri kegiatan tersebut. Warga masyarakat mulai dari yang usia muda sampai yang lanjut usia, berbondong – bondong untuk mendapatkan pelayanan Posbindu.

Petugas kesehatan sedang melayani masyarakat. (dok desa/foto Titin.S)

Posbindu merupakan salah satu peran serta masyarakat, dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko penyakit tidak menular katagori utama. Kegitan tersebut dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan berkesinambungan. Faktor risiko penyakit tidak menular meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol.

Selain daripada itu, Posbindu merupakan upaya menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui, konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar. Kelompok penyakit tidak menular katagori utama adalah diabetes mellitus, kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, penyakit paru obstruktif kronis, dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan.

Warga Lansia sedang antri menunggu giliran. (dok desa/foto Titin.S)

Loyalitas kader kesehatan (kader Posyandu) kampung Moris Jaya, patut mendapatkan apresiasi yang setinggi – tingginya. Kader kesehatan (kader Posyandu), secara suka rela siap membantu pada setiap kegiatan pelayanan kesehatan, di kampung Moris Jaya. Kader kesehatan (kader Posyandu) kampung Moris Jaya, dibagi menjadi beberapa bidang pelayanan dan penanganan diantaranya, pelayanan imunisasi balita, penanganan kesehatan Ibu hamil dan calon bayi dan kesehatan lansia.

Warga sedang konsultasi dengan petugas medis. (dok desa/foto Titin.S)

Urutan kegiatan Posbindu, yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Tulang Bawang I (satu), dibantu oleh kader kesehatan kampung Moris Jaya terdiri dari beberapa meja pelayanan :

1. Meja I : Pendaftaran
2. Meja II : Wawancara
3. Meja III : Pengukuran tinggi badan, berat badan, IMT dan lemak perut
4. Meja IV : Pemeriksaan Tekanan darah, Glukosa darah dan Cholesterol
5. Meja V : Edukasi/ konseling

Posbindu, saat ini telah menjadi salah satu strategi penting pemerintah (Kemenkes) untuk mengendalikan trend penyakit tidak menular yang semakin mengkawatirkan. Sebagaimana kita ketahui, berbagai data dan penelitian, menunjukkan bahwa trend tingkat kesakitan dan kematian penyakit tidak menular (hipertensi, diabetes, stroke, jantung, ginjal, dan lainnya), sudah melampaui tingkat morbiditas dan mortalitas penyakit menular.(red desa/FR)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan