Musyawarah rapbk kampung moris jaya tahun anggaran 2018

Wakil pemerintah kampung sedang menyampaikan uraian RAPBKam. (dok desa/foto Mr Jono)

Morisjaya.desa.id (01 April 2018). Pada hari Kamis tanggal 29 Maret 2018, pemerintah kampung mengadakan musyawarah bersama Badan Permusyawaratan Desa/Kampung (BPD/BPK) dan seluruh lembaga masyarakat kampung Moris Jaya. Dalam musyawarah tersebut membahas agenda kusus yaitu, Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja kampung (RAPBKam), kampung Moris Jaya tahun anggaran 2018.

RAPBKam merupakan cikal bakal dari APBKam (Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung). APBKam sendiri merupakan turunan dari RKPKam (Rencana Kerja Pemerintah Kampung) selama satu tahun. Sedangkan RKPKam merupakan pelaksanaan dari RPJMKam (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung) yang dibuat oleh pemerintah kampung Kampung per 6 (enam) tahun sekali.

Wakil pemerintah kampung sedang menyampaikan uraian RAPBKam. (dok desa/foto Mr Jono)

Sebelum pemerintah kampung membuat peraturan kampung tentang APBKam, terlebih dahulu membuat peraturan kampung tentang RAPBKam. RAPBKam yang dibuat oleh pemerintah kampung dengan persetujuan bersama Badan Permusyawaratan Desa/Kampung, kemudian disetorkan ke kabupaten untuk di evaluasi. Setelah dievaluasi oleh Bupati kemudian RAPBKam baru ditetapkan menjadi APBKam.

Musyawarah RAPBKam kampung Moris Jaya Membahas tentang anggaran pendapatan dan belanja kampung tahun anggaran 2018. Pendapatan kampung Moris Jaya tahun 2018 berasal dari beberapa sumber diantaranya, PAK/PAD (Pendapatan Asli Kampung/Desa), ADK/ADD (Alokasi Dana Kampung/Desa), DK/DD (Dana Kampung/Desa) dan BKP (Bantuan Keuangan Provinsi).

Ketua BPK sedang memberikan tanggapan tentang RAPBK. (dok desa/foto Mr Jono)

Sedangkan belanja kampung Moris Jaya tahun 2018 meliputi, belanja bidang Penyelenggaraan Pemerintah kampung, pelaksanaan pembangunan kampung, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat kampung. Sedang untuk bidang 5 (lima) pembiayaan kampung, untuk tahun 2018 pemerintah kampung Moris Jaya tidak menganggarkan bidang pembiayaan kampung.

Dalam setiap bidang pembelanjaan kampung dibagi menjadi beberapa bidang kegiatan. Seperti Bidang Penyelenggaraan terdiri dari kegiatan pembayaran pengahasilan tetap kepala kampung dan perangkat, tunjangan kesejahteraan BPK, insentif RT dan operasional perkantoran kampung dll. Bidang pelaksanaan pembangunan kampung meliputi kegiatan, pembangunan insfrastruktur kampung, pembangunan jaringan internet kampung, pengadaan sarana kesehatan masyarakat dan pendidikan.

Bidang pembinaan kemasyarakatan meliputi kegiatan, pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat, pembinaan kerukunan warga dan kerukunan umat beragama, pembinaan kesenian tradisional dan pembinaan lembaga masyarakat. Bidang pemberdayaan masyarakat meliputi beberapa bidang kegiatan diantaranya, bidang keagamaan, pendidikan PAUD, olah raga, kesehatan, sosial, peningkatan gizi balita dan peningkatan kapasitas lembaga dan masyarakat kampung melalui kursus dan pelatihan.

Dengan di anggarkanya semua bidang dalam belanja APBKam kampung Moris Jaya tahun anggaran 2018, semoga mampu meningkatkan kapasitas dan kualitas sumberdaya manusia, sehingga pola pikir dan tingkat kesejahteraan masyarakat bisa jauh lebih meningkat. Mari kita berbuat untuk kampung kita, mari kita bekerja dan berkarya, bahu membahu membangun Indonesia tercinta.(red/fr)

Facebook Comments

1 Comment

  1. .gimana apa kira-kira bisa lanjut ke APBK….salamat buat moris jaya yang telah melaksanakan musyawarah….moris memang hebat…kepala kampungyaaja dari irlandia…terbukti rambutnya pirang…

Tinggalkan Balasan