Pelayanan kesehatan posyandu kampung moris jaya

foto bersama kader Posyandu dan bidan desa.

morisjaya.desa.id (10 Maret 2018 ) – Kegiatan Posyandu kampung Moris jaya dilaksanakan satu bulan sekali, pelaksanaanya ditetapkan setiap tanggal 10 dalam setiap bulanya. Posyandu merupakan kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat meliputi pelayanan kesehatan Ibu hamil, lansia dan imunisasi balita. Kegitan Posyandu kampung Moris Jaya diselenggarakan oleh kader kesehatan masyarakat yang terhimpun dalam kader Posyandu.

Posyandu dibagi menjadi beberapa bidang pelayanan, bidang pelayanan tersebut disesuaikan dengan tugas pelayanan yang ditanganinya. Dalam pelaksanaan tugas pelayanan terhadap masyarakat, kader Posyandu di bawah bimbingan dan arahan dari petugas kesehatan yang ditugaskan oleh Puskesmas Tulang Bawang I (satu) dan bidan Desa.

foto bersama kader Posyandu dan bidan desa. (dok desa/foto F.R)

Kader Posyandu balita menangani tentang, pertumbuhan dan perkembangan balita, kesehatan balita dan imunisasi balita. Kader Posyandu Bumil (Ibu hamil) menangani tentang kesehatan ibu dan calon bayi, asupan gizi untuk Ibu hamil dan konsultasi kesehatan tentang kehamilan. Kader Posyandu lansia menangani tentang peningkatan kesehatan Lansia dan pengobatan untuk lansia.

Kader Posyandu kampung Moris jaya berjumlah 13 orang, dengan pembagian tugas sebagi berikut, 8 kader bertugas melayani tentang perkembangan dan pertumbuhan serta imunisasi balita, 3 kader bertugas melayani tentang kesehatan Ibu hamil dan kandungan serta asupan gizi bagi ibu hamil, 2 kader melayani tentang peningkatan kesehatan dan pengobatan untuk lansia.

foto bersama kader Bumil dan peserta Posyandu Ibu hamil. (dok desa/foto F.R)

Pelayanan terhadap Ibu hamil meliputi, pemeriksaan kandungan dan kesehatan sang ibu, pemberian asupan gizi sehat berupa makanan sehat bagi ibu hamil seperti, sayur – sayuran, protein nabati dan hewani, serta konsultasi tentang perkembangan janin dan kesehatan janin/Ibu. Pelayanan terhadap Lansia meliputi, peningkatan kesehatan melalui pemberdayaan senam bagi kaum lansia, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan untuk lansia.

proses penimbangan berat badan balita. (dok desa/foto F.R)

Pelayanan terhadap balita meliputi, pencatatan pertumbuhan balita melalui penimbamangan berat badan balita untuk memantau perkembangan balita. Pemberian imunisasi bagi balita sesuai dengan usia diantaranya, Hepatitis, BCG, DPT dan Campak. Penanggulangan gizi buruk bagi baltia dengan pemberian asupan makanan sehat bagi balita, serta himbauan bagi Ibu menyusui agar mengonsumsi makanan sehat demi perkembangan sibuah hati, dan memberikan asupan gizi kepada balita sesuai dengan usia.

proses pemberian imunisasi balita oleh petugas medis. (dok desa/foto F.R)

Dengan adanya Kegiatan pelayanan kesehatan Posyandu, diharapkan mampu menanggulangi masalah kesehatan yang ada di masyarakat. Baik masalah tumbuh kembang anak, gizi buruk bagi balita, resiko kematian akibat melahirkan dan masalah kesehatan bagi lansia yang sangat rentan terhadap serangan penyakit. Pemerintah kampung Moris Jaya memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya kegiatan Posyandu, dengan memfasilitasi kegiatan posyandu melaluai anggaran dana desa.

Pemerikasaan kesehatan lansia oleh petugas medis. (dok desa/Foto F.R)

Pemerintah kampung menganggarkan untuk kegiatan posyandu berupa pemberian insentif kepada kader posyandu, mengadakan peralatan kesehatan dan perlengkapan posyandu. Pemerintah kampung Moris Jaya memberikan perhatian lebih terhadap kegiatan Posyandu. Ini terbukti walaupun kegiatan Posyandu tidak dihari kerja, kantor kampung tetap dibuka, Aparatur kampung siap memberikan pelayanan apabila dibutuhkan.

diluar hari kerja aparatur kampung tetap siap memberikan pelayanan kepada Posyandu. (dok desa/foto F.R)

Keberhasilan pengelolaan Posyandu memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, baik dukungan moril, materil, maupun finansial. Selain itu diperlukan adanya kerjasama, tekanan dan pengabdian para pengelolanya termasuk kader. Apabila kegiatan Posyandu terselenggara dengan baik akan memberikan kontribusi yang besar, dalam menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan anak balita. (FR/MJ)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan