Pemberdayaan Pemuda dan olah – raga

pukulan smash jarak jauh. ( Dok kampung/Foto Fathur)

Ajang pencarian bibit – bibit pemain bola voli puteri

Pemuda dan Olahraga menjadi hal yang tak terpisahkan, majunya olahraga di kampung menjadi tolak ukur majunya pemberdayaan generasi muda. Berkaitan degan hal diata, pemerintah kampung Moris Jaya berupaya mendorong generasi muda memajukan olahraga.

Hampir setiap hari sekitar pukul 15 : 30 s/d 17 : 30 di lapangan kampung moris jaya, selalu ramai dengan muda – mudi sedang bermain olahraga. Ada yang bermain bola voli, Futsal, dan ada juga yang bermain sepak bola. Salah satu ajang olahraga yang patut kita soroti adalah bola voli putri. Olahraga tersebut selain menjadi rutinitas kaum perempuan, juga merupakan ajang pencarian bakat bibit-bibit pemain bola voli putri.

Suryanto adalah sosok pemuda kampung Moris Jaya yang peduli pada perkembangan olahraga, beliau giat melatih bola voli. Suryanto mempunyai cita – cita luhur untuk memajukan olahraga bola voli, seperti yang saya kutip dari pembicaraanya, “Bahwa olahraga voli yang yang saya bina ini, selain upaya peningkatan kesehatan masyarakat juga mempunyai tujuan yang luar biasa, yaitu ajang pencarian bibit-bibit pemain bola voli puteri”.

Lebih lanjut tuturnya, “metode Pelatihan yang saya terapkan juga tersusun dan terencana, mulai dari pelatihan Fisik, strategi, juga upaya penggalian kemampuan individu dari setiap pemain”.

Meneruskan pembicaraanya, “Saya juga sangat berterimakasih kepada Pemerintah kampung, yang mana telah menyediakan sarana dan prasarana juga perlengkapan penunjang kegiatan, sehingga, proses pelatihan bisa berjalan dengan baik”.

Suryanto, sedang memberikan semangat. ( Dok Kampung/Foto Fathur).

Secara individu, para pemain bola voli memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Disitulah, dituntut kejelian pelatih  dalam menempatkan posisi yang sesuai dengan kemampuannya. Ada yang memiliki kemampuan dalam toser, smasher, blocker, quicker, dan lain sebagainya.

Teori cara melakukan smash. ( Dou Kampung/Foto Bay Fathur)

Untuk lebih meningkatkan kemampuan dan mental dari para pemain, tim bola voli putri tersebut sering mengikuti ajang pertandingan, baik pertandingan dalam rangka persahabatan antar kampung, bahkan turnamaen sekala kecamatan maupun kabupaten.

Lebih lanjut lagi, Suryanto menyampaikan. “Bahwa pelatihan bola voli ini tidak hanya sampai disini, kami ingin lebih menggali potensi dari para pemain dengan mengirimkanya anak untuk mengikuti ajang pelatihan yang lebih tinggi, baik yang diadakan kabupaten, provinsi atau bahkan nasional”.

Latihan penyelamatkan bola. ( Dok kampung/Foto Fathur).
Suryanto, sedang memberikan materi. ( Dok kampung/Foto Fathur)

Pemerintah Kampung Moris Jaya sangat berterima kasih kepada Suryanto, yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran  demi kemajuan olah raga bola voli di kampung Moris Jaya. Semoga lebih banyak lagi generasi muda yang peduli pada perkembangan olahraga, sehingga olahraga bisa jauh lebih maju dan berprestasi.

( morisjaya.desa.id/Fathur )

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan